Saturday 7 May 2011

Mendesain & Memilih Kartu Undangan

Bila dapat diibaratkan bahwa kartu undangan adalah sebagai sebuah sampul depan dari sebuah majalah yang isinya tentang pesta & resepsi pernikahan, pernikahankami.com menyarankan kepada para calon pengantin mengenai disain / rancangan undangan sebaiknya mengikuti thema pernikahan dan tempat/ lokasi resepsi.

Oleh sebab itu, pada saat pertama kali datang ke seorang / perusahaan yang mendisain / merancang kartu undangan, alangkah baiknya bila calon pengantin mengutarakan thema yang hendak diangkat& dimana tempat resepsi yang telah dipilih.
Tempat resepsi menentukan pola disain undangan ~ mengapa ?

Anda dapat memberikan gambaran awal kepada tamu undangan bila anda hendak menyelenggarakan resepsi pernikahan di sebuah hotel berbintang yang mewah, maka alangkah baiknya bila undangan yang akan terkirim Rata Penuhkepada tamu kehormatan anda juga mengesankan mewahnya pesta resepsi yang akan anda gelar. Akan lain lagi bila anda hendak menggelar sebuah resepsi pernikahan bernuansakan adat tradisional yang kental, maka alangkah baik pula bila disain/ rancangan undangan juga menampilkan kesan nuansa tradisional yang pekat.

Harmoni nyata dari sebuah disain akan lebih terasa bilamana kesan tersebut anda padukan dengan trend kartu undangan saat itu, agar nyata tampil beda.

Misalkan nuansa warna tengah yang "up-to-date" adalah warna cerah atau colorful seperti : coklat / orange. Sedangkan model kartunya disesuaikan dengan suasana pesta, apakah gaya minimalis, kerajaan atau nuansa laut. Ada baiknya disain/ rancangan pewarnaan pada kartu undangan pernikahan / wedding card selaras / 'matching' dengan perlengkapan pernikahan yang lain seperti : dekorasi - contohnya : bila dekorasi ada unsur warna merah yang lumayan nyata maka di kartu undanganpun terdapat disain warna merah - begitu juga dengan perlengkapan pernikahan yang lain seperti : warna busana, cake/ taart pengantin serta souvenir.

Begitu juga halnya dengan budget/ perencanaan biaya. Sebaiknya ditentukan oleh anda sendiri, jadi sudah terprogram berapa untuk satu itemsnya dan seterusnya, meskipun semuanya masih ada batasan-batasannya.

Sebagai tambahan lagi : ada baiknya anda lebih memilih kertas import daripada kertas lokal. Mengapa ?? Karena kertas import pencetakan pada pewarnaan akan lebih nyata dan muncul di bandingkan dengan kertas lokal. Apalagi bila tekhnik pewarnaanya telah bagus dan ditambah disain ornamen yang unique dengan mengikuti mode/ trend, maka kartu undangan itu akan menunjukkan dan menyimpulkan kepribadian dari suatu pesta pernikahan dirancang dan akan diadakan.

Sedangkan waktu pemesanan kartu undangan idealnya adalah 5 bulan sebelum hari h, agar hasilnya benar-benar maksimal dan mampu merefleksikan kesan awal dari pesta pernikahan anda.

Dalam hal pengiriman / penyebaran kartu undangan sebaiknya dilakukan pada h-10 s/d. H-14 untuk wilayah undangan dalam kota atau h-30 untuk undangan luar kota agar calon tamu undangan anda dapat menata ulang dan memasukan jadwal / menjadwal ulang kegiatannya jauh hari sebelum mengunjugi pesta resepsi pernikahan anda.

SUMBER : MAHKOTA 311 (MEI-JUNI 2007)